Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai Berkomunikasi

Kami sangat menekankan pentingnya memulai berkomunikasi sejak dini dengan anak-anak Anda. Semakin cepat Anda menegakkan ikatan rasa saling percaya yang kokoh, semakin baik dan lebih mudah membangun diatas dasar itu cinta serta rasa saling percaya ketika anak-anak Anda bertambah usia dan hidup menjadi lebih sulit...


Tetapi walaupun mungkin Anda belum memperbaiki komunikasi sejauh ini, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai bicara dengan sebenar-benarnya dengan keluarga Anda. 

Anda selalu bisa mulai dari awal dan kembali ke dasar, berapa pun usia anak Anda. Anggaplah Anda baru saja bertemu dengan anak ini, dan Anda berusaha menjalin hubungan pertemanan. Bagaimana Anda berbicara dengan seorang kenalan baru? Anda pasti menanyakan minatnya, darimana asalnya, dan apa yang mereka sukai atau tidak sukai. Mulailah dari sana.

Sekali mereka membuka diri tentang perasaan mereka, hal itu akan menjadi sebuah pengalaman menakjubkan bagi orang tua untuk benar-benar memahami anak mereka untuk pertama kalinya.

Di acara kami, Anda akan melihat banyak balita dan anak-anak prasekolah yang membuat keonaran dan bertingkah laku sangat mengejutkan, sampai kami mengambil alih situasi dan menegakkan aturan, disiplin, serta komunikasi yang baik, tenang, juga jelas.

Kami katakan kepada orangtua mereka ketika berkomunikasi membaik, mereka dapat menyimpan pelajaran-pelajaran itu dan menggunakannya kembali ketika anak-anak meraka mulai remaja. Lagi pula, balita dan anak-anak prasekolah belajar bagaimana mengekspresikan diri mereka sebagai individu. Mereka berusaha menonjolkan diri mereka. Mereka mencari kemandiriannya. Mereka mengeksplorasi dunianya. Mereka ingin mengendalikan penampilan mereka dan mungkin menuntut mengenakan pakaian tertentu.

Begitu pula remaja.

Berikan anak-anak Anda perangkat komunikasi yang mumpuni yang akan mereka gunakan seumur hidup. Bagi mereka pujian atas kecerdasan mereka, semangat mereka, dan rasa tidak takut mereka menghadapi dunia.

Hanya ingat saja siapa yang pegang kuasa. Anda. Anda orang tua mereka. Anda guru mereka. Anda yang buat keputusan. Anda yang tentukan aturan. Anda berbicara jujur tentang perasaan dan harapan Anda.

Yang terpenting, Anda tahu bagaimana mendengarkan anak-anak Anda ketika mereka membutuhkan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar